Total Tayangan Blogku

Kamis, 10 Februari 2011

Apa saja Hasil Produk Arang???

Jika kita melakukan sesuatu, pasti aka nada hasil yang akan kita dapatkan. Baik buruknya tergantung dari diri kita sendiri. Termasuk juga saat kita memproduksi arang. Tentu saja kita akan mendapatkan hasil utama berupa arang. Namun tidak hanya arang bias kita dapatkan, tetapi masih produk lain yang dihasilkan saat kita membuat produk arang.

Proses pembakaran arang mengakibatkan terurainya komponen- komponen penyusun bahan arang yang menghasilkan tiga produk yang berupa:

• "Produk padatan berupa residu atau arang"

Hasil utama dari proses pirolisis adalah arang aktif yang diharapkan dapat berkualitas baik. Arang dijadikan sebagai acuan utama berhasil tidaknya suatu proses pengarangan. Dengan penggunaan arang sebagai bahan bakar memiliki keunggulan, diantaranya mudah dinyalakan, tidak mengotori tangan, sedikit mengeluarkan asap, menghai silkan panas yang tinggi, konstan, dan tahan lama.

• "Produk cair hasil destilasi berupa cuka kayu dan ter"

Produk cair dari arang dihasilkan dari asap pembakaran yang mengandung banyak senyawa yang dapat dikondensasikan. Diantaranya adalah senyawa methanol dan asam asetat. Sedangkan senyawa yang lain dalam asap tidak dikondensasi dan akan terbuang keudara bebas.

• "Produk gas hasil pembakaran"

Jika kita sedang membuat arang, yang kita utamakan hanyalaharangnya saja. Kita tidak menghiraukan produk lain yang dapat kita hasilkan. Coba kita perhatikan asap hasil pembakaran. Asap yang dihasilkan dari pembakaran arang masih mengandung banyak zat yang bermanfaat. Untuk mendapatkan zat tersebut, bias dengan mengkondensasikan atau mendinginkan asap panas hasil pembakaran arang.

Zat yang dihasilkan itulah yang kemudian disebut cuka kayu dan ter. Kedua zat tersebut masih bercampur menjadi satu. Dan untuk memisahkannya harus dilakukan proses destilasi agar didapat ter dan cuka kayu yang murni.

Hasil pembakaran yang lain selain arang, cuka kayu, dan ter hanya berupa asap pembakaran yang tidak bias dimanfaatkan kembali. asap sisa tersebut tidak terlalu berbahaya bagi lingkungan, sehingga bisa langsung dibuang keudara bebas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar